Contoh Soal Fungsi IF Excel | Belajar Microsoft Office & Desain Grafis
T19:51

Contoh Soal Fungsi IF Excel

Contoh Soal Fungsi IF Excel

contoh soal fungsi IF di Excel - Rumus IF adalah salah satu fungsi yang  paling umum digunakan di dalam Microsoft Excel. Fungsi IF atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan “jika”, dipergunakan untuk mengecek suatu kondisi. Jika suatu kondisi tersebut terpenuhi maka fungsi tersebut akan mengambil  suatu nilai, dan begitu juga sebaliknya jika kondisi itu tidak terpenuhi maka akan fungsi tersebut akan mengambil nilai yang lain. Pengertian sederhananya yaitu, fungsi IF itu bisa disebut fungsi syarat. Jika suatu nilai itu mempunyai syarat dan dapat bernilai benar apabila syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat tidak terpenuhi.

Sintaks Dasar Fungsi Rumus IF
  • =IF(Sesuatu adalah Benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain)
OK jika hanya di jelaskan saja tanpa praktek rasanya kurang mantap, berikut contoh soalnya jika tidak mau ribet ngetik, silahkan download disini 

Berikut tampilan contoh soal fungsi IF Excel :

contoh soal fungsi IF excel

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga :

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Berikut ketentuan untuk mengisi :
  • Isian " JURUSAN " didapat dari kolom KODE K.A yaitu : jika Kode A maka Jurusan Banyuwangi, jika Kode B maka Jurusan Surabaya, jika Kode C maka Jurusan Malang.
  • Isian " JENIS K.A " didapat dari kolom " JURUSAN " dengan ketentuan : Jika jurusannya " BANYUWANGI " maka Jenis K.A-nya " EXCLUSIVE ", jika jurusannya " MALANG " maka Jenis K.A-nya " EKONOMI ", jika jurusannya "SURABAYA " maka Jenis K.A-nya " PATAS "
  • Isian " TARIF " didapat dari kolom " JENIS K.A " yaitu : jika Jenis K.A " EXCLUSIVE " maka tarif-nya " 150000 ", jika Jenis K.A " EKONOMI " maka tarif-nya " 75000 ", jika Jenis K.A " PATAS " maka tarif-nya " 100000 ".
  • Isian " DISCOUNT " didapat dari " JENIS K.A " dengan ketentuan : Jika Jeniis K.A " EXCLUSIVE " maka mendapatkan discount 7% dari " TARIF ", Jika Jeniis K.A " PATAS " maka mendapatkan discount 5% dari " TARIF ", Jika Jeniis K.A " EKONOMI " maka mendapatkan discount 3% dari " TARIF ".
  • Isian untuk " BAYAR " : TARIF dikurangi DISCOUNT
 Dari ketentuan diatas, maka rumus logikanya/rumus IF-nya sebagai berikut :

Rumus Fungsi IF untuk isian " JURUSAN "
  • =IF(A6="A";"Banyuwangi";IF(A6="B";"Surabaya";IF(A6="C";"Malang")))
Rumus Fungsi IF untuk isian " JENIS K.A " :
  • =IF(C6="Banyuwangi";"Exclusive";IF(C6="Surabaya";"Patas";IF(C6="Malang";"Ekonomi")))
Rumus Fungsi IF untuk isian " TARIF " :
  • =IF(D6="Exclusive";150000;IF(D6="Patas";100000;IF(D6="Ekonomi";75000)))
Rumus Fungsi IF untuk isian " DISCOUNT " :
  • =IF(D6="Exclusive";7%*E6;IF(D6="Patas";5%*E6;IF(D6="Ekonomi";3%*E6)))
Rumus Fungsi IF untuk isian " BAYAR "
  • =MIN(E6-F6) atau cukup seperti ini juga bisa =E6-F6
Mungkin rumus diatas tidak terlalu begitu dibutuhkan jika yang dikerjakan cuma sedikit, cukup hanya di ketik saja bisa, tapi jika ribuan, maka penggunaan rumus akan sangat bermanfaat untuk menyingkat waktu pekerjaan kita.  Demikian contoh Fungsi IF untuk Excel, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di form komentar dibawah ini

Berlangganan Artikel Saya..!!

0 Response to "Contoh Soal Fungsi IF Excel"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan, No Spam